( Melayani jasa konstruksi, permesinan, perpipaan, kebutuhan industri ... )

Pengelasan Busur Nyala Logam Gas (GMAW)

C. Konsep Sambungan Struktur Baja

4. Sambungan las

Pengelasan Busur Nyala Logam Gas (GMAW)

**Pengelasan Busur Nyala Logam Gas (GMAW): Metode Las Gas yang Canggih**

Pada metode GMAW (Gas Metal Arc Welding), yang sering disebut MIG (Metal Inert Gas) atau las gas logam mulia, kita punya senjata rahasia yang membuat pengelasan semakin canggih. Bagaimana caranya? Mari kita bahas!

Dalam GMAW, elektrodanya adalah sejenis kawat yang terus menerus disuplai dari gulungan melalui alat yang seperti pistol. Perlindungan dalam proses ini sepenuhnya berasal dari gas atau campuran gas yang disuplai dari luar.

Pada awalnya, metode ini hanya menggunakan gas mulia yang tidak bereaksi, itulah mengapa disebut MIG. Namun, seiring berjalannya waktu, gas reaktif juga mulai digunakan, terutama gas CO2 (karbon dioksida), yang sering digunakan dalam pengelasan baja. Meskipun argon bisa digunakan untuk semua jenis logam, argon biasanya tidak disarankan untuk baja karena biayanya yang tinggi dan banyaknya alternatif gas pelindung yang lebih ekonomis.

Selain menjaga logam yang meleleh dari pengaruh atmosfer, gas pelindung juga memiliki peran penting lainnya. Mereka mengontrol karakteristik busur nyala dan pernindahan logam, memengaruhi penetrasi, lebar peleburan, dan bentuk daerah las, serta memengaruhi kecepatan pengelasan. Pencampuran gas mulia dan gas reaktif membuat busur nyala lebih stabil dan mengurangi jumlah kotoran selama pernindahan logam.

Pemilihan gas pelindung sangat tergantung pada jenis logam yang akan dielas. Untuk baja karbon dan beberapa baja paduan rendah, campuran gas argon dan CO2 atau bahkan CO2 murni sangat disarankan. Namun, untuk baja paduan rendah yang membutuhkan ketangguhan yang tinggi, campuran helium, argon, dan CO2 bisa menjadi pilihan terbaik.

Jadi, dengan metode GMAW, kita dapat menghasilkan pengelasan yang lebih baik dan efisien dengan bantuan gas pelindung yang cerdas!

Pengelasan Busur Nyala Logam Gas (GMAW) 



Beli bahan konstruksi grosir, bisa ke Mitra.Jayasteel.com

Jasa konstruksi : www.Omasae.com / Arra.Jayasteel.com

Selengkapnya mengenai Teknik Struktur Bangunan

Komentar

++