( Melayani jasa konstruksi, permesinan, perpipaan, kebutuhan industri ... )

Prinsip pemotongan busur plasma

Pemotongan Busur Plasma

Prinsip pemotongan busur plasma

Mesin potong busur plasma
Metode pemasokan gas orifice - Busur Plasma

 Ketika temperatur gas naik, atom-atom didalam gas terionisasi oleh aktivitas panas dan dipisah menjadi elektron bermuatan negatif (-) dan ion muatan positif (+) dan masuk dalam kondisi gerak aktif. Kondisi ini disebut sebagai plasma. Plasma secara elektrik berada dalam kondisi netral. Jadi semakin tinggi temperatur, gerakan termal atom-atom tersebut menjadi semakin aktif, sehingga lebih memudahkan arus mengalir dan temperatur gas menjadi lebih tinggi disebabkan oleh kenaikan energi.

Bila udara dalam kondisi plasma ini disuplai energi listrik untuk membentuk sebuah kolom busur dan daerah disekitarnya didinginkan, arus tidak bisa mengalir dengan mudah pada lingkungan/kondisi dingin disebabkan oleh naiknya tahanan listrik, sehingga arus terkonsentrasi ke daerah busur di pusat nyala api; semua ini menaikkan temperatur daerah tersebut.


Elektroda, Gas plasma, Nosel, Busur api, Material yang, akan dipotong

 
Gambar Pemotongan busur plasma

Kolom busur nyala pada bagian pusat/sumbunya terjadi lebih sempit oleh efek jepitan panas (thermal pinch effect) membentuk sebuah  busur plasma dengan temperatur setinggi 2000º - 3000º C.

Ketika busur plasma menyempit pada nozzle, busur plasma tersebut menjadi panas dan sempit. Karena bagian panas dan sempit dari busur tersebut dapat melelehkan benda kerja dengan sangat mudah, busur plasma dapat digunakan untuk memotong.

Sementara pemotongan gas memotong dengan aksi kimia menggunakan reaksi oksidasi metal, busur plasma adalah pemotongan secara fisik yang memotong benda kerja menggunakan plasma bertemperatur sangat tinggi. Benda kerja dilelehkan dengan menggunakan energi dari busur plasma dan daerah yang meleleh dihembus oleh aliran gas plasma berkecepatan tinggi untuk melengkapi proses pemotongan.
Kecepatan aliran gas plasma yang tipis dan mengecil dari torch standar dengan tinggi 6 - 10 mm sebesar 2000 m/detik.

 

Metode pemasokan gas orifice - Busur Plasma


Kualitas pemotongan busur plasma

Selengkapnya tentang Kemajuan Teknologi Pengelasan dan tentang Pemotongan Busur Plasma untuk Logam klik disini

Selengkapnya tentang Teknik PEMOTONGAN pada Logam 

Komentar

++